, ,

Cegah Kerumunan Massa, Malam Lebaran Alun – alun Kebumen Bakal Ditutup

oleh -797 views
Foto Kegiatan Rapat Covid 19 Kebumen

KEBUMEN, Kebumen24.com – Guna mengantisipasi adanya kerumunan masyarakat di malam hari raya Idul Fitri dan lebaran nanti, beberapa kebijakan akan diberlakukan oleh pemkab Kebumen. Selain menhimbau masyarakat agar melaksanakan Sholat Idul Firti di rumah, Pemkab kebumen juga akan menutup seputaran Alun – alun Kebumen di malam takbir lebaran.

 

Hal itu mengemuka pada kegiatan Rapat Evaluasi Kerja Gugus Tugas Percepatan Penanganan (COVID-19) dan Pembahasan Status Tanggap Darurat COVID-19, yang berlangsunjg di Ruang Jatijajar Kompleks Pendopo Rumdin Bupati Kebumen, Rabu sore 20 Mei 2020.

 

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH yang juga Wakil Ketua I Gugus Tugas PP Covid-19 Kebumen, Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav Prawira Negara Matondang,  Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiyono serta para OPD terkait.

 

‘’ Malam takbir nanti Alun alun akan ditutup, akan tetapi pedagang masih diperbolehkan berjualan dan harus tetap menerapkan physical distancing dan social distancing serta wajib mengenakan masker di tempat  umum, cuci tangan maupun perilaku hidup sehat,’’ungkap Wabup usai menggelar Rapat.

 

Selain pemberlakukan penutupan Alun alun, dalam rapat tersebut, juga dibahas beberap hal penting lainnya, seperti status tanggap darurat yang harusnya berakhir pada tanggal 29 Mei, maka akan diperpanjang hingga 29 Juni mendatang. Hal itu mengingat masih maraknya penularasan Covuid 19 di Kabupaten Kebumen. Selanjutnya mengenai penerapan sistem Zonasi yang akan di berlakukan mulai sesesudah lebaran.

 

Terkait hal tersebut, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kuriniwan mengatakan, pihaknya akan selalu mendukung kebijakan menutup Alun-alun Kebumen pada malam menjelang  lebaran agar tidak terjadi kerumunan massa dalam jumlah banyak. Adapun yang akan dilakukan, yaitu dengan menutup akses jalan menuju Alun-alun Kebumen untuk menghindari masyarakat berkumpul yang berpotensi penularan virus Corona.

 

‘’ Kita akan berkordinasi dengan Dishub, TNI dan Satpol PP untuk penjagaanya nantinya,’’ujar Kapolres.

 

Hal senada juga diutarakan Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav Prawira Negara Matondang, pihaknya juga selalu siap untuk mendukung upaya pemkab tersebut agar penularan Covid 19 di Kebumen bisa di cegah.

 

‘’ Kapan pun dibutuhkan kita siap,’’ucap Dandim. (K24/THR)

Tinggalkan Balasan