Canangkan Agrowisata, LPPNU Kebumen Gelar Penanaman Pohon

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah dan Pengurus dan Lembaga Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kebumen menggelar penanaman Pohon jenis Buah Durian, Kelengkeng dan lidah buaya. Kegiatan atas kerjasama dengan Universitas Maarif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen ini merupakan dalam rangka pencanangan Agrowisata.

Penamanan Pohon sebanyak 300 bibit ini, dilakukan di lahan samping Kandang Peternakan Ayam PT. New ASSA, Desa Kalipoh Kecamatan Pejagoan, Sabtu 18 September 2021. Hadir Ketua PWNU Jateng HM Muzamil, Ketua PCNU Kebumen KH, Dawamudin Masdar, Rois Syuriah PCNU Kebumen Gus Afifidin Ahmad Al-Hasani  Rektor UMNU Kebumen Rektor Imam Satibi, Mantan Sekda Kebumen Adi Pandoto serta sejumlah mahasiswa UMNU.

Rektor UMNU Kebumen Imam Satibi mengatakan selain untuk agrowisata, kegiatan ini juga sekaligus dalam rangka pembangunan rumah kompos atau pengolahan pupuk, dan pembentukan kelompok tani NU yang disebut Kadang Tani Sarwo Tulus. Ini diharapkan nantinya dapat menjadi kontribusi nyata, terutama bagi sumberdaya bangsa maupun infrastruktur sosial.

Disisi lain, melalui kegiatan ini pihaknya mengajak khususnya generasi muda NU untuk bisa bersama sama merawat bumi Indonesia dengan bertani. Kedepan penanaman pohon akan diperluas hingga dua hektar.

‘’ Kita berharap NU bisa berkontribusi nyata untuk kemajuan sumberdaya pertanian Indonesia dan pembangunan infrastruktur sosial masyarakat,’’ujar Satibi.

Satibi menambahkan, tanaman memiliki banyak mamfaat jika diolah, salah satunya lidah buaya. Tanaman ini merupakan tumbuhan yang sangat dibutuhkan di dunia industri, terutamanya kosmetik. Untuk itu, melalui pembentukan Kelepok tani NU, nantinya masyarakat NU bisa menangkap peluang yang ada di sektor Pertanian.

“Dan ini bagaimana petani kita bisa menangkap opportunity atau peluang peluang di saat ini, sehingga dapat meningkatkan perokomiannya,” Pungkasnya.(K24/IMAM).