Bupati Kebumen Rotasi Delapan Pejabat Tinggi Pratama

oleh -155 Dilihat

KEBUMEN, Kebumen24.com- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto merotasi delapan Pejabat Tinggi Pratama eselon II untuk menempati posisi jabatan yang baru. Rotasi ditandai dengan Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan di Pendopo Kabumian, Kamis 29 September 2022.

Adapun delapan pejabat yang dilantik diantaranya, Agung Pambudi yang sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kini menjadi Staf Ahli Bupati (SAB). Muhamad Arifin dilantik menjadi asisten III Sekda Bidang Administrasi Umum. Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Kemudian Sri Kuntarti dilantik sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, sebelumnya ia menjabat sebagai Sekretaris Dewan. Kemudian ada Munadi dilantik sebagai Sekretaris Dewan, sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala BPBD Kebumen.

Lalu ada Haryono Wahyudi yang dilantik sebagai Kepala BPBD, sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Dinas PUPR. Kemudian Joni Hernawan dilantik menjadi Kepala Dinas PUPR, sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan.

Selanjutnya kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan kini dijabat oleh Asep Nurdiana. Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan, dan terakhir Dyah Woro Palupi dilantik sebagai Kepala Dinas DPMPTSP, sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Inspektorat.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto pada kesempatan itu menyatakan, pergeseran Pejabat Tinggi Pratama merupakan hal biasa sesuai kebutuhan organisasi yang dibenarkan oleh UU. Pelantikan sempat tertunda dua kali karena padatnya kegiatan.

“Pelantikan ini untuk penyegaran organisasi, hal yang lumrah, dan alhamdulillah hari ini bisa digelar, setelah sebelumnya sempat tertunda dua kali karena padatnya kegiatan,” ujar Bupati.

Tak lupa, Bupati menyampaikan selamat kepada pejabat yang dilantik, ia yakin mereka punya kemampuan dan kapasitas yang mumpuni untuk menempati posisi jabatannya yang baru, sehingga bisa bekerja lebih baik dari sebelumnya.

“Saya lihat para kepala dinas yang dilantik juga sudah banyak menoreh prestasi di bidangnya masing-masing. Saya ucapkan terima kasih atas dedikasi dan kinerjanya selama ini, semangat dan kerja keras harus terus dijaga, meski sekarang menempati posisi jabatan baru,” jelasnya.

Selain itu, Bupati juga meminta kepada para pejabat untuk menjalankan tugas sesuai aturan tidak menyalahgunakan kewenangan. “Saya tidak meminta apapun, kecuali bekerja dengan baik, taat aturan dan berikan yang terbaik untuk kemajuan Kebumen,” pintanya.

Misalnya beberapa pesan yang disampaikan Bupati, yakni kepada Dinas PUPR, Bupati meminta kepala dinas terkait untuk mengurangi bertemu dengan pengusaha penyedia jasa, tidak boleh masuk ke ruang kerja kepala dinas, ada ruang konsultasi khusus.

“Jangan lupa di kantor diperbanyak CCTV, pertemuan di ruang konsultasi tidak boleh sendiri, minimal tiga orang, dan tidak boleh melakukan pertemuan dengan penyedia jasa di luar kantor,” ucapnya.

Bupati menginformasikan sejauh ini ada dua posisi kepala dinas yang kosong yakni Dinas Pendidikan dan Dinas Inspektorat. Pihaknya menyebut masih mencari orang-orang yang tepat untuk menempati posisi dua dinas tersebut sesuai kriteria.

“Kita masih mencari orang yang tepat, karena Inspektorat ini harus diisi orang yang ahli hukum, dan memahami auditor. Kemudian ada dua lagi posisi kepala dinas yang kosong yakni Distapang dan Dinas Kesehatan dan sekarang masih dalam tahap lelang,” tandasnya.(k24/*).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24