Bupati Kebumen Pimpin Apel Hari Santri Nasional Tahun 2021

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2021, Pemerintah Kabupaten menggelar kegiatan apel di Halaman Pendopo Bupati Kebumen. Apel dipimpin langsung oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyonto, Jumat 22 Oktober 2021.

Turut hadir Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Jajaran Forkopimda serta para ulama dan santri. Apel berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Dalam kesempatan tersebut Bupati menyampaikan perayaan hari santri kali ini merupakan ke dua kalinya dimasa pandemi. Kendati begitu para santri diminta tetap semangat dan turut mendukung program penanganan covid 19. Salah satunya dengan selalu menjaga protokol kesehatan.

‘‘Dimana kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan 5M+1D (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas, dan Doa).’’ujar Bupati.

Disisi lain Bupati menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan lndonesia. Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Sejak ditetapkan pada tahun 2015 lalu, lanjut Bupati, setiap tahun selalu rutin dilenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini mengangkat tema Santri Siaga Jiwa Raga, dengan harapan sebagai bentuk pernyataan sikap santri lndonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan persatuan lndonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia..

‘’Siaga Jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran lslam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur bangsa lndonesia. Siaga Raga berarti badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk lndonesia. Oleh karena itu, santri tidak pernah lelah dalam berusaha dan terus berkarya untuk lndonesia.’’imbuhnya.

Menurut Bupati hal ini juga perlu diperhatikan oleh masyarakat lndonesia pada umumnya agar tetap menyiagakan jiwa serta raganya demi kepentingan bangsa lndonesia. Terutama dalam rangka bersama-sama untuk bangkit dari dampak pandemi COVID-19.’’terang Bupati.

Selain itu Bupati juga mengajak para santri untuk senantiasa bersykur karna dua tahun lalu menjelang peringatan Hari Santri 2019, kaum santri mendapatkan ‘kado istimewa’ berupa pengesahan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Dimana Undang-Undang tentang Pesantren ini berfungsi sebagai rekognisi, afirmasi, dan fasilitasi bahwa pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan, namun juga mengembangkan fungsi dakwah dan fungsi pemberdayaan masyarakat.

‘’ Sedangkan Peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini, kalangan pesantren kembali mendapatkan ‘kado indah’ dari Presiden Joko Widodo berupa Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. Peraturan Presiden ini secara khusus mengatur tentang dana abadi pesantren yang dialokasikan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia pendidikan pesantren.’’pungkasnya.

Sementara itu, Ketua RMI NU Kebumen Gus Fachrudin Ahmad Nawawi melalui momentum ini berharap para santri bisa terus berkarya bertumbuh dan berdaya. Ini sesuai dengan tema hari santri nasional tahun 2021.

‘’ Kami berharap dengan tema kali ini, santri bisa lebih siap, siaga jiwa dan raga. Teruslah bertumbu, berdaya dan berkarya,’’ucapnya.

Untuk memeriahkan hari santri, usai apel juga digelar dengan pertunjukan atraksi seni beladiri oleh para santri. Selain itu juga dilakukan pemberian kehormatan dari perguruan Pencak Silat Pagar Nusa Kebumen oleh Gus Fachrudin kepada para pejabat dilingkungan Pemkab Kebumen dan jajaran Forkopimda. (K24/ILHAM).