KEBUMEN, Kebumen24.com –  Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih melepas puluhan tukik di kawasan Pantai Kali Buntu, Jogosimo, Kelirong yang masuk wilayah konservasi penyu, Minggu 6 Juni 2021.

Pelepasan tukik ini merupakan satu rangkaian dari acara peringatan Hari Lingkungan Hidup 2021, yang jatuh pada Sabtu 5 Juni 2021 kemarin. Wilayah konservasi penyu ini menjadi salah satu perhatian Bupati untuk terus dilestarikan dan dijaga keberlangsunganya untuk keseimbangan alam.

“Keletarian alam ini bukan hanya kita yang menikmati, tapi juga anak cucu kita ke depan. Lingkungan dan alam ini harus kita jaga. Apalagi lingkungan yang masuk wilayah konservasi. Ini harus betul-betul kita rawat dan kita jaga, jangan sampai anak cucu kita sudah tidak bisa lagi melihat keindahan penyu di Kebumen,” ucapnya.

Ada 75 tukik atau anak penyu yang dilepaskan oleh bupati dan para jajaran terkait. Arif mengatakan, wilayah konservasi ini nantinya akan dipadukan dengan konsep stream estate atau lumbung udang dalam pembangunan kawasan industri. Bahkan Kali Buntu, juga akan dijadikan wisata bahari berkelas internasional.

“Di Kali Buntu ini pada bulan Juni ini Insya Allah akan kita rubah namanya menjadi Kali Ratu. Artinya kita punya komitmen, sungai aja kita rubah menjadi ratu. Ratu adalah adalah mahkota yang harus kita jaga. Kita akan ubah Kali Buntu ini menjadi wisata Bahari yang lebih bagus dari Ancol, berkelas internasional,” jelasnya.

By Redaksi

Redaksi Kebumen24