Bupati Kebumen Bakal Padukan TPI Nelayan dengan Wisata Susur Pantai

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com –  Bupati Kebumen Arif Sugiyanto berencana akan memadukan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa Pedalen Kecamatan Ayah dengan Wisata. Salah satunya denan konsep wisata susur pantai.

Susur pantai bisa dimulai dari TPI dan Perahu-perahu nelayan yang terpakir di pinggir pantai juga bisa digunakan oleh wisatawan untuk melaut. Nantinya wisatawan dapat merasakan keindahan pantai dengan menyusur air di tepian gunung kapur dan udara yang segar.

Hal itu ia sampaikan saat mencoba menyusur pantai dengan perahu nelayan, Sabtu 7 Agustus 2021 kemarin. Susur pantai begitu indah dan menakjubkan. Kedepan potensi wisata laut di Kebumen layak untuk dikembangkan lebih maju lagi.

‘’ Semisal kapal susur pantai nanti dibuat khusus untuk wisatawan yang lebih besar, pelabuhannya ditata kembali, agar tambah nyamanan dan aman bagi para pengunjung,’’ujar Bupati.

Bupati meyakini, jika potensi ini dikembangkan, bisa menaikan PAD dan bisa memberikan kesejahteraan masyarakatnya. Belum lagi nanti ditambah wisata kuliner.

‘’ Buat warung-warung makan seefood, menu ikannya banyak segar-segar diambil langsung dari tangkapan nelayan,” imbuhnya.

Disisi lain, kunjungan Bupati di Pedalen ini juga dalam rangka pelaksanaan program vaksinasi bagi nelayan. Dalam hal ini Pemerintah menyediakan 2000 vaksin untuk masyarakat di wilayah selatan Kebumen.

“Alhamdulillah kedatangan kita ke sini juga dalam rangka program vaksinasi untuk para masyarakat, nelayan. Program ini memang terus kita gencarkan agar herd immunitya lebih kuat. Nah ini kita liat antusias masyarakat cukup tinggi,” tuturnya.

Bupati menjelaskan, Vaksinasi di Kebumen sudah mencapai 22 persen dari keseluruhan jumlah masyarakatnya. Kendati begitu ini tentu masih kurang dan program vaksinasi di Kebumen tergolong cukup baik untuk penyerapannya. Termasuk nomor dua terbanyak di Jawa Tengah.(K24/*)