KEBUMEN, Kebumen24.com,- Mobil listrik tenaga hasil karya Siswa SMA Muhamadiyah Gombong resmi dilaunching oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto. Mobil listrik tersebut, merupakan kendaraan pertama di Kebumen dengan memanfaatkan Energi terbarukan.

Launching dilakukan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Senin 12 April 2021. Hadir Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, Ketua Pimpinan Daerah Muhamadiyah Kebumen Adduh Hisyam, Ketua Muhamadiyah Gombong Widianto dan Kepala Sekolah SMA Muhamadiyah Gombong Fachrudin Mubarok.

Adanya Inovasi tersebut Bupati Kebumen menyampaikan sangat mengapresiasi dan bangga atas kreatifitas yang dimiliki oleh para siswa SMA Muhamadiyah Gombong. Menurutnya, ini menunjukkan, anak anak SMA di Kebumen memiliki kreatifvitas yang tinggi.

‘’ Ini sangat bagus dan patut di apresiasi. Sebelumnya juga para siswa SMP Muhamadiyah Kebumen, juga sudah bisa menciptakan roket tenaga air. Ya meskipun sederhana, tapi ini menunjukan anak anak Kebumen memiliki bakat yang tinggi,’’ujar Bupati.

 

Lebih lanjut menurut Bupati, adanya kendaraan ramah lingkungan ini selaras dengan program pemerintah Go Green, dimana, ini tidak menimbulkan polusi sperti kendaraan berbahan bakar fosil.

” Pemerintah Kabupaten Kebumen saat ini juga memiliki anggaran sebesar Rp 500 juta, untuk mendukung kreatifitas para siswa di Kebumen SMA dan SMK di Kebumen,” tuturnya.

Sementara itu Slamet Guru Fisika di SMA Muhammadiyah Gombong mengatakan untuk pembuatan mobil listrik tenaga Surya ini, pihak sekolah menghabiskan dana sebesar Rp 20 juta, dan proses pembuatannya memakan waktu 2 bulan. Dirinya berharap dengan karya ini dapat memotivasi anak anak bangsa lainya agar tetap produktif meskipun ditengah pandemi covid 19.

‘’ Anak anak Indonesia harus kreatif memanfaatkan apa yang ada disekitar untuk terus berkarya meskipun ditengah Pandemi covid 19 saat ini. Banyak sekali energi terbaharukan yang bisa dimanfaatkan dan dikembangkan, salah satunya yang paling melimpah adalah sinar matahari,’’jelasnya.(K24/IMAM)

By Redaksi

Redaksi Kebumen24