KUTOWINANGUN, Kebumen24.com,- Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto mengajak para petani untuk menyimpan gabah di Rice Milling Unit ( RMU ). Pabrik pengolahan beras terpadu tersebut, beras petani akan dikelola secara profesional dan bisa mempertahankan mutu beras.

Hal tersebut disampaikan saat Bupati menerima Kunjungan Kerja Staf Khusus Presiden Arif Budiman di Sentra Pengolahan Beras Terpadu RMU Kaliputih Jum’at, 9 April 2021. Hadir Kapolres Kebumen AKBP Piter Yonattama dan juga para OPD Terkait.

Bupati Kebumen mengatakan, RMU nantinya akan menjadi sentra bisnis untuk para petani dan juga kewirausahaan petani untuk mencapai kesejahteraan mereka. Diketahui, harga gabah petani saat ini cukup jatuh dan hal tersebut tentunya snagat merugikan para petani, dengan adanya RMU ini diharapakan harganya gabah bisa menjadi lebih baik lagi.

” Kita berharap adanya harga gabah yang harganya cukup jatuh Insyaallah dengan adanya RMU ini harganya akan cukup baik melalui Gapoktan koprasi digalakkan disini,” ujarnya.

Disebutkan Arif, secara fungsional pabrik tersebut telah berjalan 100 persen dengan kapasitas produksi 30 ton setiap harinya, dan hasilnya juga cukup baik. Disamping itu, karena jumlah produksi yang cukup besar perharinya, maka RMU juga akan menerima gabah dari Kabupaten lain sekitaran Kebumen, akan tetapi menurutnya tetap akan berfokus untuk menampung gabah dari petani lokal, selain itu juga dalam pengolahan beras di pabrik ini, sudah memenuhi standar Bulog, sehingga hasilnya bisa dikirim untuk menjadi beras Bulog.

Dengan adanya RMU ini, pola pola penyimpanan gabah dirumah oleh para petani bisa beralih ke RMU. Selain itu dalam pengeringan gabah juga tidak perlu lagi dilakukan penjemuran di tepian jalan, cukup dibawa ke pabrik pengolahan beras, dan bisa langsung bisa dikeringkan. Dan yang paling menguntungkan lagi adalah, harga gabah yang mengikuti harga pasar.

” Untuk peresmian mudah mudahan dihadiri presiden untuk permohonan sudah dikirim tinggal menunggu respon beliau nanti,” pungkasnya.(K24/IMAM).

By Redaksi

Redaksi Kebumen24