’ Bucon’’, Tradisi Warga Krakal Pasca Panen

oleh -

ALIAN, Kebumen24.com – Dalam masyarakat agraris, dapat dijumpai beberapa tradisi yang masih dilestarikan oleh masyarakat salah satunya Bucon. Tradisi ini rutin dilakukan oleh masyarakat di Desa Krakal Kecamatan Alian Kabupaten Kebumenm setiap pasca panen.

Bucon kali ini, digelar di dukuh Krajan RT 02 RW 02 Desa setempat, Minggu 6 Juni 2021. Hadir Kepala Desa Krakal Agus Parwidi serta para tokoh masyarakat setempat.

Dalam acara itu, terdapat tumpeng dan nasi ingkung yang ditempatkan pada gerabah anyaman bambu cepon. Nasi ingkung kemudian ditata dan digelar doa bersama dipimpin tokoh masyarakat. Nasi ingkung tersebut kemudian dibagikan ke warga untuk di makan secara bersama sama.

Sesepuh Desa setempat Sastro Wijoyo (52) mengatakan, tradisi sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu setiap habis panen dan terus dilestarikan hingga sekarang. Bucon sendiri merupakan bentuk ungkapan rasa syukur warga kepada sang pencipta. Bucon selalu di akhiri dengan penerbangan balon ke udara.

Selain itu Bucon juga dikenal masyarakat dengan istilah selamatan untuk orang pencari rumput ternak. Adapun makna pernebangan balon hanya sebagai tambahan saja agar lebih meriah.

‘’Sepengetahuan saya Bucon sebenarnya sama saja dengan pestanya orang yang mencari rumput untuk hewan peliharaan. Kalo tumpeng jaman dulu blm pake ayam hanya seadanya saja. Intinya sebagai ungkapan rasa syukur dan memohon keselataman kepada yang kuasa,’’ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Agus Purwadi menyambut baik dan menilai kegiatan ini merupakan bagian dari nguri nguri budaya Jawa. Dirinya berharap kegiatan ini dapat terus dilestarikan agar tidak hilang tergerus majunya jaman.

‘’ Atas nama Pemerintah Desa kami menyambut baik kegiatan ini. Ada banyak mamfaat dari acara ini, terutama menyambung talisilaturahmi dan sekaligus nguri nguri budaya warisan leluhur kita,’’ucap Agus.(K24/Wili)

 

VIDEONYA :

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24