Berharap Segera Pulih dari Pandemi, Lintas Agama di Kebumen Gelar Doa Bersama

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com  – Sebagai bentuk ikhtiar agar pandemi Covid-19 segera berakhir, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Kebumen bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menggelar Do’a Bersama Lintas Agama dengan tema Kebumen Pulih, Kebumen sehat.  Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto secara virtual dari Ruang Kerjanya di Pendopi Bupati. Jumat 30 Juli 2021.

Hadir mendampingi Bupati Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Kebumen Wahib Tamam. Doa berlangsung dengan penuh Khidmat dan dilakukan secara berurutan oleh para tokoh, mulai dari Agama Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buda dan agama Konghucu.

Mengawali acara Kepala Kementrian Agama Kebumen H. Panut menjelaskan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Kementerian Agama di tingkat pusat, tingkat Provinsi Jawa Tengah. Doa bersama untuk mengetuk pintu langit dan memohon pertolongan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar di ijabah. Dengan begitu wabah virus covid-19 dapat diangkat dari bumi Indonesia, sehingga kehdiupan masyarakat kembali normal seperti biasanya

“Kami dari Kementerian Agama terus mendorong para tokoh agama agar agar tidak lelah berikhtiar lahir maupun batin. Ikhtiar lahir yaitu untuk terus mengajarkan umatnya agar mematuhi protokol kesehatan, dan mengikuti anjuran Pemerintah, terutama pada pelaksanaan PPKM Level 4 saat ini, Sedangkan ikhtiar batin yaitu melakukan doa bersama meminta kepada Allah SWT agar pandemi segera berakhir,” ujarnya,

Sementara itu, Bupati Kebumen dalam sambutanya menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, sudah hampir dua tahun Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Berbagai upaya juga dtelah dilakukan pemerintah dalam penanggulangan covid, namun hingga saat ini pandemi belum berakhir. Bahkan di Kebumen sendiri angka kematian juga cukup tinggi. Dimana, dalam satu hari belakangan ini rata rata 10 orang meninggal karna covid 19.

Untuk itu Bupati memandang doa bersama lintas agama ini sangatlah penting dalam memberikan semangat kembali kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Disisi lain ia juga meminta kepada seluruh tokoh lintas agama dan seluruh lapisan masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan, dan ikut serta berdoa bersama sehingga pandemi Covid-19 ini segera berakhir.

Tak lupa Bupati juga mengajak untuk mendoakan pasien-pasien yang sedang dirawat dirumah sakit maupun isolali mandiri dirumah, agar segera diangkat penyakitnya. Begitu juga yang telah wafat karena penyakit Covid-19 agar diampuni segala dosa dan ditempatkan ditempat yang mulia.

 ‘’ Mari melalui kegiatan ini, kita juga doakan agar warga yang sakit segera sembuh, dan yang meninggal mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. Semoga setelah kegiatan ini wabah pandemi segera di angkat oleh Alloh SWT sehingga kehidupan masyarakat bisa kembali normal,’’imbuh Bupati.(k24/*)