Begini Proses Test Kesehatan Paslon Pilkada Kebumen Arif Rista di Klaten

oleh -238 views
FOTO ISTIMEWA

KLATEN, Kebumen24.com- Setelah dipastikan melenggang sendiri dalam kontestasi Pilkada 9 Desember Mendatang, kini Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kebumen H. Arif Sugianto. SH dan Ristawati Purwaningsih, ST.MM menjalani tahapan selanjutnya yakni test Kesehatan. Yang menarik ada satu pasangan calon tunggal lain yang juga melangsungkan test kesehatan bersama Arif Rista yakni Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat dan M Albar.

 

Selain itu dalam pemeriksaan test kesehatan yang berlangsung  selama 2 hari dimulai dari hari Selasa hingga Rabu 15 sampai 16 September di RSUP dr Soerajdi Klaten. Selain 2 pasangan calon tunggal dalam test kesehatan tersebut juga diikuti oleh Bapaslon lain dari Kabupaten Klaten One Krisnata – Muhammad Fajri, Sebelum dilakukan pemeriksaan paslon masuk ke ruang dengancek suhu dan protokol kesehtan

 

Kepala Humas RSUP DR SOERAJI tirtonegiro klaten, Sri Wardiani SKM, mengatakan pemeriksaan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro hanya 5 kabupaten kota yakni Kabupaten Klaten, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Purworejo , Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Wonosobo.

 

“Karena Kebumen dan Wonosobo calonnya hanya satu, pemeriksa dibagi dua tahap, sesuai perpanjangan pendaftaran ke KPU,” katanya kdisela- sela pemeriksaan kesehatan.

 

Sri Wardani menambahkan tahap pertama pemeriksaan sudah dilaksanakan pada Senin- Rabu 7-9 September 2020 lalu yakni Kabupaten Kleten, Purbalingga dan Purworejo.

 

“Hari ini tinggal Kabupaten Kebumen dan Wonosobo dan tambahan satu paslon dari Kabupaten Klaten,” jelasnya.

 

Ia melanjutkan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati akan diperiksa  11 spesialis kategori dan pemeriksaan penjunjang, diantaranya pemeriksaa  penyakit dalam,  sara, THT, Gigi, mata dan semua melibatkan kesehatan hingga pemeriksaan kesehatan psikologis dan jiwa juga pemeriksaan bebas narkotika dari petugas BNN.

 

Dikatakannya pemeriksaan swab Covid19 tidak dilakukan di RSUP dr Soeradji Klaten namun sebelumnya  sudah dilakukan oleh pasangan calon diwilayah masing-masing sebelum mendaftar ke KPU.

 

“Karena itu untuk syarat mendaftar, jadi tes kesehatan disini udah semua sudah bebas covid, hanya rapites dan skreaning saja,” ujarnya

 

Ketua KPU Kebumen, Yulianto mengatakan, proses tes kesehatan di RSUP dr Soeradji Klaten bagi pasanga calon merupakan hasil keputusan KPU pusat dan provinsi dimana tes kesehatan harus dilakukan di rumah sakit type A terdekat. Sementara itu, pemeriksaan kesehatan juga mendapat kawalan dari IDI Kebumen, hal itu untuk menastikan data dan pasangan calon yang mengikuti prosesinya secara langsung.

 

“Sesuai regulasi KPU provinsi dan pusat,  kami hanya mengawal sesuai prosedur yang berlaku, juga ada pendampingan dari IDI Kebumen untuk memastikan dan menjamin netralitas dan falidasi hasil data usai pengecekan,” katanya.

 

Sementara itu, Ketua IDI Kebumen, dr Andika Purwita mengatakan tugas pengawalan IDI Kebumen dalam pengecekan kesehatan bagi paslon cabub cawabub kebumen sesuai regulasi dari KPU, diamana KPU wilayah menunjukkan IDI Cabang untuk merujuk ke salah satu rumah sakit untuk pemeriksaan kesehatan paslon dengan syarat rumah sakit tersebut harus type A.

 

“Kami diberikan regulasi untuk mengawal dan menjukukan RS untuk pemeriksaan kesehatan, namun syaratnya  RS harus type A dan terdekat ada di RSUP Soeardji Klaten,” katanya.

 

Lebih lanjut, dr Andika berharap dengan ditunjuk pemeriksaan dari rumah sakit luar kabupaten bisa lebih terjamin netralias dan independensinya.

 

“Kami mengawal prosesnya, dan memastikan bahwa yang datang calon langsung. Agar tidak ada intervensi dan menjamin netralitas dari pemeriksaan kesehatan,” kata Dr Andika Ketua IDI Kebumen.(K-24/IMAM)

 

Tinggalkan Balasan