,

Pertama Kali di Indonesia, Pemkab Kebumen Bakal Terapkan Sistem Zonasi Untuk Penanganan Covid 19

oleh -2.800 views
Foto Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto Saat Memipin Rapat Penanganan Covid 19 Senin 18 Mei 2020 di Gedung F Kompleks Setda Kebumen

KEBUMEN, Kebumen24.com- Untuk pertama kalinya dalam sejarah penanganan covid 19 di Indonesia menggunakan system zonasi. System ini bakal diterapkan Pemerintah Kabupaten Kebumen untuk memisahkan antara wilayah yang sudah terpapar covid 19 maupun wilayah yang belum sama sekali agar mendapat perlakuan khusus.

 

Adapun nantinya, system tersebut akan terbagi menjadi 4 zona, yaitu zona hijau, zona kuning, zona orange, dan zona merah. Seperti diketahui yang dimaksud zona hijau disini merupakan wilayah yang belum terpapar adanya pasien positif covid 19 ataupun Pasien Dalam Pemantauan yang terindikasi terpapar covid 19. Dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kebumen, hingga saat ini tercatat ada 7 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Kebumen yang masuk dalam kriteria zona hijau tersebut. Diantaranya, Kecamatan Klirong, Poncowarno, Kuwarasan, Gombong, Adimulyo, Sruweng dan Kecamatan Padureso

 

Hal tersebut disampaikan Wakill Bupati Kebumen H. Arif Sugianto usai memimpin rapat persiapan penerapan zonasi senen, 18 Mei 2020. Turut hadir pada kesempatan itu, Sekda Kebumen, Asisten 1 dan juga para OPD terkait.

 

Dikatakan Wakil Bupati, tujuan penerapan zona terhadap penangan covid sendiri adalah untuk memetakan daerah mana yang perlu penanganan khusus.

 

“Tujuan dari penerapan zona ini adalah agar kita semua tau peta mana yang akan kita kuatkan  untuk mengatasi covid 19,” ucap Wabup.

 

Foto Susana Rapat Penanganan Covid 19 Senin 18 Mei 2020 di Gedung F Kompleks Setda Kebumen

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa pelaksanaan zonasi tersebut nantinya akan dilaksanakan selama 100 hari kedepan untuk memutus mata rantai covid 19 antar wilayah di Kabupaten Kebumen. Selain itu, dalam pelaksanaannya nantinya akan di terapkan hingga tingkat desa yang apabila desa tersebut masuk dalam zona hijau maka harus bekerja keras untuk mempertahankannya.

 

“ Targetnya dalam 100 hari kedepan Kebumen sudah menjdai zona hijau atau terbebas dari covid 19,” jelas Wabup.

 

Wabup menambahkan dalam penerapan zonasi antar wilayah diharapkan mampu menjawab program dari Presiden RI Ir Joko Widodo yang mulai menerapkan pelonggaran social masyarakat yang akan dibuka pada bulan Juni mendatang. Menurutnya, program zonasi ini juga merupakan jawaban dari program ‘’Togo Tonggo’’ Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

 

“ Untuk menjawab program dari Presiden dan Gubernur Jateng maka Kabupaten Kebumen akan mempersiapkan Insfratrukturnya terlebih dahulu yaitu system zonasi,” Imbuh Wabup.

 

Dengan adanya system zonasi tersebut pihaknya meminta dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat agar Kabupaten Kebumen segera terbebas dari wabah covid 19. Sehingga kedepan masyarakat bisa segera kembali ke kehidupan normal.(K-24/IMAM)

Tinggalkan Balasan