Bantaran Sungai Lukulo Pejagoan Disulap Jadi Destinasi Wisata

oleh -
k24

PEJAGOAN, Kebumen24.com – Berbicara bantaran Sungai Lukulo bukan saja tentang kerawanan akan bencana longsor. Disisi lain, bantaran Lukulo ternyata dapat menjadi spot wisata yang cukup mengasyikkan. Inilah upaya yang dilakukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Jemur Kecamatan Pejagoan dengan menyulap bantaran sungai menjadi tempat tongkrongan.

 

Terasa istimewa, lokasi ini berdekatan dengan air terjun alami di Bendung Kedungsamak. Selain itu, pada bagian utaranya juga terlihat bentangan pegunungan nan asri wilayah Pejagoan dan Karangsambung. Tak ayal, hal tersebut menambah daya tarik suasana nongkrong di obyek wisata baru itu.

 

Bukan tanpa kreativitas, Pokdarwis Desa Jemur menyediakan tempat tongkrong yang nyaman. Selain itu juga tersedia tenda-tenda yang kian menambah sejuk saat nongkrong. Pada tepiannya juga terpasang beberapa jenis tanaman hias yang menambah sedap pemandangan.

 

Kepala Desa Jemur Tunjangsari mengatakan, pihaknya memang sengaja memanfaatkan lahan kosong tepian Sungai Lukulo untuk tempat tongkrong. Saat ini, obyek wisata yang tengah pengembangan masih menggratiskan biaya untuk pengunjung. Ke depan, dirinya juga berencana menambah spot wisata seperti permainan air maupun perahu.

 

“Ke depan akan dibuat berbagai wahana air seperti wisata perahu, tubing maupun tempat rapat di atas perahu,” katanya, Sabtu 26 Desember 2020.

 

Sementara salah satu pengunjung, Yuni mengaku sengaja datang ke lokasi tersebut lantaran penasaran. Dirinya juga kagum atas gubahan yang ada di bantaran sungai tersebut. Dulunya lokasi tersebut hanya lahan kosong namun dengan dilakukan inovasi oleh Pokdarwis dapat menjadi tempat yang indah.

 

“Tempatnya menyenangkan untuk menghabiskan waktu berlibur,” ucapnya.(K24/THR).

 

TONTON VIDEONYA :