Banjir Meluas, 32 Desa Dilaporkan Tergenang

oleh -723 views
FOTO KONDISI TANGGUL JEBOL

KEBUMEN, Kebumen24.com – Hujan deras kembali menimpa wilayah Kebumen sejak Senin hingga Selasa (26-27/10/2020). Akibat kejadian tersebut, jumlah desa yang terendam banjir pun bertambah. Pada hari sebelumnya, jumlah desa yang terendam air hanya 27 kini bertambah menjadi 32 desa.

 

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), banjir melanda desa dan kelurahan pada 7 kecamatan. Ketinggian air bervariasi mulai dari 30 centimeter hingga lebih dari satu meter. Kecamatan Gombong melanda Kelurahan Gombong, Wonokriyo, Desa Wero, Panjangsari dan Patemon.

 

Kecamatan Buayan melanda Desa Sikayu dan Desa Gandasuli, Kecamatan Puring di Desa Madurejo, Desa Sidobunder dan Desa Sidodadi. Kecamatan Adimulyo di Desa Kemujan, Desa  Adimulyo, Desa  Arjosari, Desa Pekuwon. Kecamatan Karanganyar di Kelurahan Karanganyar, Panjatan, Plarangan, Jatiluhur.

 

Kecamatan Alian melanda Desa Krakal, Desa Kalirancang, Desa Sawangan, Desa Seliling, Desa Surotrunan, dan Desa Bojongsari. Kecamatan Kebumen terparah dengan 8 desa yaitu Desa Klijirek, Desa Bandung, Desa Candimulyo, Desa Sumberadi, Desa Roworejo, Desa Tanahsari, Desa Wonosari juga Desa Jatisari.

 

Humas BPBD Kebumen Heri Purwoto mengungkapkan, selain banjir juga dilaporkan terjadi tanah longsor di beberapa titik seperti ruas Jalan Karanganyar-Karanggayam. Juga di Desa Kretek Kecamatan Rowokele. Kemudian kejadian longsor paling banyak di Pejagoan yaitu Desa Pejagoan, Desa Jemur, Desa Peniron, Desa Watulawang dan Desa Karangpoh.

 

“Longsor di Kecamatan Sempor di Dukuh Kronogunung RT 08 RW 02 Desa Tunjungseto dan Dukuh Kaliputih Desa Sempor,” ungkapnya.

 

Sementara itu, akibat banjir kembali datang masyarakat di Desa Madurejo kembali mengungsi ke tempat yang lebih aman. Dapur umum yang telah tersedia juga melayani penyediaan nasi bungkus bagi masyarakat pengungsi. Disisi lain, BPBD juga melakukan droping logistik pangan kebutuhan relawan dan pengungsi.(K24/THR).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Jurnalis Kebumen

Tinggalkan Balasan