KEBUMEN, Kebumen24.com – Kabar gembira bagi masyarakat khususnya yang akan melakukan pembuatan atuapun perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM). Pasalnya, mulai sekarang pengusuran SIM bisa dilakukan secara online dimana berada, khususnya SIM A, dan SIM C.

Adapun caranya, hanya cukup menggunakan Handpone Android kemudian mengunduh aplikasi SIM online bernama SINAR (SIM Nasional Presisi), di Play Store (Android) dan App Store (iOS). Melalui aplikasi ini, nantinya masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas ujian teori, pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi, dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui E-Rikkes, hingga melakukan perpanjangan SIM A dan SIM C lewat aplikasi Sinar.

Aplikasi tersebut secara resmi dilaunching oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, bersama Ketua MPR RI Bambang Susatyo di Kantor Satpas Daan Mogot Jakarta, Selasa 13 April 2021.

Hadir mengikuti melalui Zoom Meeting dari Gedung Tri Brata Polres Kebumen, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama, Sekda Kebumen Ujang Sugiono, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kebumen Cokro Aminoto, Serta Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Sugiyanto beserta Anggotanya.

Pada kesempatan itu, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, peluncuran aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah perpanjangan SIM A dan C dimana dan kapan saja. Setelah itu, aplikasi tersebut juga memudahkan pengiriman fisik SIM kemana saja.

Selain itu, aplikasi SIM ini juga merupakan perwujudan dari program kerjanya, yakni transformasi organisasi dan pelayanan publik. Menurutnya, Saat ini Polri perlu mengikuti perkembangan teknologi, termasuk di bidang lalu lintas yang selama ini sering berinteraksi dengan masyarakat.

“Melalui aplikasi ini, maka masyarakat cukup melakukannya dari rumah, termasuk pengiriman SIM. Kami berharap ke depan, perpanjangan STNK urusan BPKB juga bisa dikakukan menggunakan aplikasi,”imbuh Kapolri.

 

Lebih lanjut Kapolri mengatakan, dengan pemanfaatan teknologi informasi itu, pihaknya akan memiliki Big Data yang terintegrasi dengan Layanan Dukcapil. Dengan begitu dari sisi penyelidikan, langkah Polri dapat lebih cepat.

Kapolri menambahkan, dengan sistem yang ada saat ini, sudah tidak ada lagi komunikasi langsung dengan masyarakat. Seperti ETLE, Ini semua bukan menakut-nakuti, akan tetapi untuk mendisiplinkanm, utamanya dalam keselamatan berlalu lintas dimana pengguna jalan semua harus selamat.

‘’ Dengan memanfaatkan teknologi informasi ini kita bisa memanfaatkan big data, dan ini bisa dilakukan di masa depan dengan tergabung di dukcapil, etle, dan SIM. Semoga ke depan pelayanan Polri semakin baik dengan menerapkan digitalisasi atau IT dalam setiap pelayanan,’’pungkasnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Sugiyanto mengatakan untuk Kabupaten Kebumen, sejatinya aplikasi ini sudah bisa di akses oleh seluruh masyarakat. Namun, terkait layanan aplikasi E-PPsi, dan E-Rikkes masih terkendala dengan koneksi server. Meski begitu, dalam waktu dekat pihaknya memastikan akan terkoneksi dengan baik.

‘’ Pada dasarnya kami siap menerapkan program aplikasi ini, namun tadi pagi kita cek untuk layanan aplikasi E-PPsi, dan E-Rikkes belum terkonek dengan server di Satpas Kami. Tapi kami pastikan dalam waktu dekat sudah terkonek dengan baik,’jelas Kasat Lantas.

AKP Sugiyanto menambahkan, melalui apliksi ini, masyarakat juga dapat melakukan perpanjangan SIM A (mobil) dan SIM C (motor) secara online dari rumah. Namun khusus pembuatan SIM baru, pemohon tetap diharuskan ke Satpas terdekat untuk uji praktik. Aplikasi ini berlaku nasional atau se-Indonesia.

’ Tapi khusus untuk pembuatan SIM baru pemohon tetap harus datang ke Satpas untuk melakukan ujian praktik,’’ungkapnya.(K24/THR).

By Redaksi

Redaksi Kebumen24