Aksi Unjuk Rasa PERPAG, Polres Kebumen Kerahkan Ratusan Personel

oleh -97 Dilihat

KEBUMEN, Kebumen24.com – Polres Kebumen mengawal jalannya aksi unjuk rasa Masyarakat yang tergabung dalam Persatuan Rakyat Penyelamat Karst Gombong atau PERPAG. Sedikitnya ada sekitar 260 personel dengan dibackup dari unsur TNI dan Satpol PP yang dilibatkan mengamankan Aksi tersebut.

Unjuk rasa digelar di depan Gedung DPRD Kebumen Senin 26 September 2022. Aksi berlangsung sampai kurang lebih pukul 14.30 wib dan berjalan dengan tertib.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin saat memimpin jalannya pengawalan mengungkapkan, penyampaian pendapat dimuka umum dilindungi Undang-Undang. Tugas kepolisian melakukan pengamanan dan pengawalan agar berjalan kondusif selama penyampaian pendapat yang kurang lebih diikuti 500 peserta demo.

“Keberadaan kami untuk mengamankan aksi dari rekan-rekan. Kami menjamin penyampaian pendapat berjalan dengan tertib. Sampaikan dengan bijak dan kepala dingin. Harapan kita lancar dan tertib,” kata Kapolres.

Polres Kebumen mengucapkan terima kasih khususnya kepada Koordinator dan peserta demo yang telah menyampaikan aspirasinya dengan tertib serta mematuhi peraturan dan himbauan petugas pengamanan.

Sementara itu, Adi Budiawan dari pihak PERPAG menilai jika pengelolaan Kawasan Karst Gombong masih berada diatas tangan korporasi utamanya PT.Semen Gombong, maka ancaman kerusakan lingkungan akan selalu ada. Dalam PP No.18 Tahun 2021, dijelaskan bahwa pemegang HGB dapat mengalihfungsikan HGB.

Adi Budiawan meminta agar pemerintah segera mencabut HGB PT. Semen Gombong dan mmberikan pengelolaan kawasan karst Gombong kepada masyarakat karena menurutnya mengancam kelestarian alam.

Ia menilai, PT.Semen Gombong masih memiliki Hak Guna Bangunan (HGB) yang mereka peroleh pada tahun 1997 dan akan berakhir pada tahun 2027. Pihaknya menuntut kepada Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Kebumen, yang diketuai oleh Bupati Kebumen, untuk turun langsung dalam penyelesaian konflik agraria ini.(k24/*).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24