Tebing Longsor dan Pohon Tumbang, Akses Jalan Sempor Lumpuh Total

oleh -772 views
K24

SEMPOR, Kebumen24.com – Hujan deras melanda wilayah Kabupaten Kebumen sejak Senin malam hingga Selasa 17 November 2020. Kondisi tersebut turut menyebabkan tebing longsor di Desa Sampang Kecamatan Sempor. Material longsor tersebut menyebabkan terputusnya akses Jalan Gombong-Klampok di desa setempat.

 

Informasi yang berhasil dikumpulkan, longsor terjadi sekira subuh pukul 04.00 WIB. Longsor terjadi di empat titik dalam satu jalur yang masih dalam kawasan Dukuh Gledug Desa Sampang. Banyaknya material longsor menyebabkan kendaraan tidak dapat melintas melalui jalan tersebut.

 

Salah satu relawan Gerakan Relawan Tanggap Aksi Kepedulian Lingkungan dan Sosial (GerTaks) Bambang, menyebutkan jarak material longsor dari titik pertama 300 meter ke titik kedua, kemudian 100 meter ke titik ketiga dan 50 meter ke titik keempat. Timbunan material longsor menutup seluruh badan jalan termasuk adanya batang pohon maupun akar pepohonan.

 

“Ketinggian material bervariasi ada yang 50 centimeter hingga 1 meter,” ungkap Bambang, Selasa pagi.

 

Sementara, kini masyarakat, relawan dengan kepolisian maupun TNI tengah berupaya membersihkan material longsor dengan peralatan sederhana. Masyarakat pun telah melaporkan kejadian tersebut ke BPBD Kabupaten Kebumen yang diharapkan segera menerjunkan personel maupun alat berat untuk mempercepat pembersihan material longsor.

 

“Jalan mati total. Sementara yang akan melewati arah jalan tersebut diurungkan. Titik longsor berada disepanjang Hutan Gledug utara Waduk Sempor,” jelasnya Eko dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Area Sempor dalam laporannya. (K24/THR).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Jurnalis Kebumen

Tinggalkan Balasan