Ajak Santri Tauladani Rosululloh, Ponpes Al Istiqomah Gelar Peringatan Maulid Nabi

oleh -196 Dilihat
Foto Bupati Kebumen Arif Sugiyanto tengah Sambutan di acara peringatan Maulid Nabid di Ponpes Aliqomah Desa Karangsari Kebumen, Jumat 30 September 2022

KEBUMEN, Kebumen24.com,- Bulan Rabiul Awal atau disebut dengan bulan Maulid, merupakan momen istimewa karena menandakan kelahiran Nabi Muhammad SAW ke dunia. Tak heran, jika di bulan ini, banyak umat muslim yang memperingatinya dengan berbagai macam bentuk kegiatan sesuai tradisi dan budaya daerahnya masing masing.

Seperti hal nya dilakukan Pondok Pesantren Al Istiqomah Desa Karangsari Kebumen dan Ponpes Annahdliyah 1 Kebumen. Sebagai bentuk kecintaannya terhadap Nabi, momen maulid ini mengisinya dengan berbagai kegiatan menarik. Bahkan peringatan maulid nabi kali ini digeral selama 4 hari berturut turut, mulai Selasa 27 – 30 September 2022.

Pertama kegiatan diawali dengan Khataman Alquran 30 Juz, Lalaran Kitab dan Musik Angklung Rampa Kentong Tirtanda dari Aditirto pejagoan dan Hiburan Musik Gambus Suhastri Dari Petanahan. Untuk puncaknya, kegiatan menghadirkan penceramah KH. Faturahman dari Jogosimo Klirong.

Istimewa lagi, puncak acara dihadiri langsung oleh orang nomor satu di Kebumen, yakni Bupati Kebumen Arif Sugiyanto beserta pejabat di jajaran Pemkab Kebumen. Hadir pula, Ketua RMI Kebumen Gus Fachrudin Ahmad Annawawi, Pengasuh Pondok Al Istiqomah KH. Gus Johan Amru Al-Hafizd, Pengasuh Ponpes Alhasani gus Muhammad Ayhari Alhasani, serta para tokoh dan ulama di Kebumen.

Foto acara peringatan Maulid Nabid di Ponpes Aliqomah Desa Karangsari Kebumen, Jumat 30 September 2022

Pengasuh Pondok Al Istiqomah KH. Gus Johan Amru Al-Hafizd menyampaikan, peringatan maulid nabi ini sekaligus untuk mengajak para santri agar lebih cinta dan menauladai sifat sifat rosululloh. Termasuk mengajak masyarakat untuk senantiasa meingkatkan jalinan silaturahmi dan ukuwah islamiah.

‘’ Tahun ini sengaja kita gelar semeriah mungkin, ada pesan didalamnya, yakni bagaimana kita mendidik dan mengarahkan para santri agar lebih mengenal sosok rosululloh dan menauladaninya,’’ujar Gus Johan.

Sementara itu, Bupati Kebumen dalam sambutanya menyampaikan, pihaknya menyambut baik kegiatan ini. menurutnya, peringatan Maulid Nabi Muhammad merupakan bentuk tradisi yang baik di masyarakat dan momen yang efektif untuk mendakwahkan teladan akhlak Rasulullah.

‘’ Tentunya kami atas nama Pemerintah menyambut baik kegiatan ini. Dengan peringatan maulid nabi kita jadi tahu sejarah kehidupan, perjuangan, bisnis, politik, strategi kepemimpinan, dan cara ibadah Nabi Muhammad.’’ucap Arif Sugiyanto.

Foto acara peringatan Maulid Nabid di Ponpes Aliqomah Desa Karangsari Kebumen, Jumat 30 September 2022

Disisi lain, Bupati juga mengatakan di era pesatnya tekonologi seperti sekarang ini, masyarakat dituntut harus bisa bijak dan cerdas dalam menggunakan media sosial. Terlebih saat ini, tak sedikit beredar informasi hoaks yang belum jelas kebenarannya.

Bupati berharap teknologi seyogyanya dijadikan sebagai alat sarana untuk mendukung kemajuan masyarakat, terutama dibidang ekonomi. Ini bisa dilakukan masyarakat jika memang paham dan tahu cara penggunaanya.

‘’ Jangan sampai teknologi menjadi kita lupa waktu dan telena, tapi memamfaatkanlah seprti media sosial untuk hal hal yang positif, misal mengelola memasarkan usaha produk. Ini tentu akan mendatangkan hasil,’’ujarnya.

Lebih lanjut Bupati berpesan kepada para santri agar selalu giat belajar dan terus menggali ilmu yang didapat selama di Pesantren. Dengan begitu kelak bisa menjadi generasi kebanggaan bangsa untuk memajukan daerahnya.

“Para santri tetap giat belajar, dan ilmu yang didapat penuh dengan keberkahan,”imbuhnya.(K24/*).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24