KEBUMEN, Kebumen24.com – Sebanyak 99 pendekar santri Perguruan silat Pagar Nusa (PN) Cabang Kebumen secara resmi dikukuhkan menjadi Anggota Tetap Santri atau warga Pagar Nusa. Pengukuhan dilakukan melalui prosesi pengesahan yang digelar di Gedung Auditorium IAINU Kebumen, Senin 28 Desember 2020 kemarin.

 

Kegiatan dihadiri 5 orang dewan pengesahan,  Habib Hasan Luthfi Al Athos, Ketau PN Cabang Kebumen Gus Harry Alhasani, serta sejumlah pengurus Pimpinan Cabang Pagar Nusa Kebumen. Adapun Prosesi pengesahan ini meliputi registrasi, asma ingkung, pengarahan ke-NU-an dan kepagarnusaan serta ditutup seremonial pengesahan.

 

Ketua Pagar Nusa Cabang Kebumen Gus Harry Alhasani mengatakan dengan pengesahan ini maka santri pendekar telah dinyatakan resmi menjadi warga Pagar Nusa. Untuk itu diharapkan mereka bisa menjaga soliditas serta marwah Pagar Nusa untuk senantiada menjaga kiai dan keutuhan NKRI.

 

“Pagar Nusa ini mendidik santri menjadi orang yang akhlakul karimah. Artinya ilmu bela diri yang mereka miliki harus digunakan untuk membenahi akhlak, kemaslahatan umum dan yang terpenting menjaga kiai dan NU,”ujar Gus Harry yang juga pengasuh Ponpes Alhasani itu.

 

k24

Lebih jauh Gus Harry juga berpesan kepada pendekar Pagar Nusa yang sudah disahkan agar selalu andap ashor, Tawadu’, serta selalu menjalin ukhuwah dengan perguruan lain. Menurutnya, Pagar Nusa hadir bukan untuk kesmombongan melainukan untuk membentengi generasi muda berbasis santri agar tidak terjerumus ke hal negatif, termasuk narkoba.

 

‘’ Jangan sampai pendekar NU memiliki sifat adigang adigung. Kehadiran Pagar Nusa harus menjadikan pribadi yang berahklakulkarimah,’’imbuhnya.(K24/THR).

By Redaksi

Redaksi Kebumen24