350 Mahasiswa STIE Putra Bangsa Kebumen Di Wisuda

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Putra Bangsa Kebumen berkomitmen menjadi perguruan tinggi terkemuka dan berdaya saing di tingkat nasional tahun 2021. Komitmen tersebut dibuktikan dengan memperkuat tradisi akademik dan publikasi hasil riset civitas STIE Putra Bangsa di berbagai jurnal nasional-internasional bereputasi.

“Hal ini merupakan aspek penting dalam mengokohkan rekognisi nasional atas STIE Putra Bangsa,” ujar Ketua STIE Putra Bangsa Gunarso Wiwoho SE MM saat Wisuda Ke-15 Program Sarjana dan Diploma di Gedung Pertemuan Setda Kebumen, Kamis 24 Oktober 2019.

 Wisuda kali ini diikuti oleh 350 lulusan yang terdiri atas 58 wisudawan dari jenjang Program D3 Akuntansi dan 292 lulusan dari Program S1 Manajemen. Wisudawan dan wisudawati yang memperoleh predikat kelulusan cumlaude berjumlah 92 orang, sekitar 26% dari total 350 wisudawan. Dengan rincian 73 dari Prodi Manajemen S1 satu orang dan 19 orang dari Prodi Akuntansi D3.

“Bagi ke-92 wisudawan yang meraih predikat kelulusan cum-laude, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas jerih payah dan prestasi akademik yang telah dicapai,” ujar Gunarso Wiwoho.

Gunarso Wiwoho menambahkan bahwa dalam mengantisipasi perubahan dunia yang kini telah dikuasai perangkat digital, yang telah mendisrupsi berbagai aktivitas manusia, termasuk di dalamnya pendidikan tinggi, STIE Putra Bangsa menyadari perlunya dirumuskan kebijakan strategis dalam berbagai aspek mulai dari kelembagaan, bidang studi, kurikulum, sumber daya, serta riset dan pengembangan hingga inovasi.

Lima elemen penting yang telah dan akan dilaksanakan oleh STIE Putra Bangsa, yaitu persiapan sistem pembelajaran yang lebih inovatif, rekonstruksi kebijakan kelembagaan menjadi lebih adaptif dan responsif dalam mengembangkan soft skill dan transdisiplin ilmu yang dibutuhkan.

Kemudian persiapan sumber daya manusia, dosen dan tenaga kependidikan yang responsive, adaptif dan handal. Terobosan dalam riset dan pengembangan, dan terobosan inovasi dan perkuatan sistem inovasi, untuk mendorong tumbuhnya perusahaan pemula (startup) berbasis teknologi.
Gunarso menginformasikan bahwa, berdasarkan pemeringkatan perguruan tinggi nasional tahun 2019 oleh Kementrian Ristek Dikti, dari sekitar 4.312 perguruan tinggi baik PTN/PTS di Indonesia, serta 3.269 yang masuk dalam proses pemeringkatan  terdiri atas 2.141 PT berbentuk universitas, institut, sekolah tinggi dan 1.128 perguruan tinggi berbentuk akademi, politeknik, STIE Putra Bangsa berada pada klaster tiga PT, memperoleh peringkat 183 nasional.

“Jika dikonversi ke kabupaten berarti peringkat I,” imbuh Gunarso Wiwoho.