SEJARAH

Sejarah Desa Patukgawemulyo Mirit Kebumen,  Dulu Rawa – rawa

1035
×

Sejarah Desa Patukgawemulyo Mirit Kebumen,  Dulu Rawa – rawa

Sebarkan artikel ini
Foto Desa Patukgawemulyo

MIRIT, Kebumen24.com – Patukgawemulyo merupakan sebuah nama desa yang terletak di wilayah Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Berdiri sejak sekitar tahun 1898 M, konon desa ini awalnya sebuah Rawa rawa.

Kemudian Mbah Ronggo Setoto dan Mbah Ketimenggolo bersama warga melakukan kerjabakti atau trukahdengan cara mengangkuti tanah belet dari Desa Wergonayan, dipuntuk-puntuk menjadi gundukan tanah pekarangan. Setelah itu menjadi sebuah Desa bernama Patukgawemulyo dengan harapan pada kemajuan zaman (rejoning jaman ) akan menjadi Desa yang mulyo,subur dan makmur.

Desa Patukgawmulyo terdapat beberapa nama tokoh atau cikal bakal yaitu Mbah Ketimenggolo, Mbah Ronggo Setoto dan Mbah Joyo Dipo. Untuk itu, sebagai kehormatan hingga saat ini warga desa masih menjaga dan melestarikan acara adat istiadat ruwahan dengan cara  bersih makam  dan potong kambing setiap 3 ruwah 2 kali. Tradisi ini dilakukan khususnya kerabat keturunannya.

Disamping acara adat diatas ,desa Patukgawemulyo banyak acara –acara adat  lainya, seperti Sedekah bumi setisp  bulan suro dengan memotong 2 ekor kambing Bulan puasa selamatan  punggahan dan akhir puasa ke 29 hari.

Kemudian Maulid dan rajab acara muludan  dan rajaban. Meski begitu, tradisi ini dinilai kurang efektif dan menjadi beban masyarakat.

Selah itu oleh Suroso yang pada saat itu menjabat sebagai Kepala Desa merubah adat –adat tersebut disederhanakan. Sedekah bumi dihilangkan 2. Bulan puasa: Punggahan masih ada tapi sederhana dan hari ke 29 ditiadakan 3. Maulud dan rajab hanya dilaksanakan dimasjid dengan pengajian.

Sedangkan untuk Kantor Pemerintahan Desa Patukgawemulyo pernah dilaksanakan pembongkaran pada tahun 2015. Tujuan pembongkaran Balai desa karena direncanakan untuk pengembangan Pasar Desa.

Berikit Daftar Nama Kepala Desa Patugawemulyo :

Sumber; Website resmi Desa Patukgawemulyo


Eksplorasi konten lain dari Kebumen24.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.