Wisata

Dikelola Bumdesma, Wisata Pantai Pandan Kuning Park Semakin Baik, Pengunjung Membludak

14206
×

Dikelola Bumdesma, Wisata Pantai Pandan Kuning Park Semakin Baik, Pengunjung Membludak

Sebarkan artikel ini

KEBUMEN, Kebumen24.com – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mendorong agar Bumdesma bisa bekerjasama dalam mengelola wisata milik Pemerintah Daerah. Seperti halnya Wisata Pandan Kuning Park yang kini dikelola oleh Bumdesma Bodronolo Kecamatan Kebumen.

“Jadi sekarang kecamatan-kecamatan di sisi utara atau dimanapun bisa memiliki (mengelola -red) pantai. Seperti halnya Kecamatan Kebumen melalui Bumdesma Bodronolo kini bisa mengelola Pantai Pandan Kuning Park,” ujar Bupati, dalam keterangannya, Minggu 14 April 2024.

Pantai Pandan Kuning Petanahan yang sebelumnya dikelola Dinas Pariwisata sekarang sudah dikelola Bumdesma Bodronolo dari Kecamatan Kebumen. Pantai ini sekarang memiliki wahana baru, yakni Pandan Kuning Park, yang disebut-sebut sebagai miniaturnya Ancol.

“Per tanggal 8 April kemarin Pandan Kuning dikelola Bumdesma Bodronolo, dengan nilai kontrak/sewa Rp1,62 Miliar per tahun,” tutur Bupati.

Menurut Bupati, tentu saja wisata-wisata lain milik Pemda bisa dikerjasamakan dengan Bumdesma dari kecamatan manapun. Ia mendorong investor lokal untuk ikut membangun Kebumen dari sisi pengembangan ekonomi wisata.

“Adanya kerjasama ini tidak lain adalah bagaimana ekonomi Kebumen bisa maju, masyarakatnya sejahtera, dan juga bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” terangnya.

Bupati prihatin, Pantai Petanahan selama ini kerap dikonotasikan dengan hal-hal negatif seperti premanisme, tarif mahal dan lain-lain. Ia bersyukur saat ini sudah tidak ada, bahkan sudah mampu dikelola dengan sistem dan manajerial yang baik.

“Wisata-wisata lain seperti Pantai Suwuk, Karangbolong, Logending, Goa Jatijajar juga bisa dikerjasamakan dengan Bumdesma dari kecamatan mana saja,” ucap Bupati.

Sementara itu, Direktur Bumdesma Bodronolo, Ulul Fadli mengatakan, kunjungan wisata di Pandan Kuning pada libur lebaran ini, per hari bisa mencapai 10-12 ribu orang. Adapun harga tiket masuknya Rp5.000 plus gratis parkir. Kemudian untuk tiket wahana permainannya masing-masing Rp10 ribu.

“Kita juga ada tiket terusan, paket sebesar Rp75 ribu, ini sudah free untuk menikmati semua wahana. Alhamdulillah kunjungan libur lebaran ini membludak, setiap hari sekitar 10-12 ribu orang,” ucapnya.

Puncak libur lebaran, kata Ulul, pada Minggu ini. Ia memprediksi kunjungan ke Pandan Kuning bakal lebih ramai lagi. Terlebih nanti sore bakal ada konser musik yang menampilkan artis nasional, yakni Virgoun, pemilik tembang “Surat Cinta untuk Starla”

“Virgoun, Insya Allah nanti akan tampil jam 3 sore di Pantai Pandan Kuning, jadi Insya Allah akan tambah ramai, masyarakat bisa ikut menonton dengan hanya membayar tiket masuk,” ucapnya.

Untuk menarik wisatawan agar tetap ramai, terlebih pasca lebaran. Ulul menyampaikan, pihaknya akan membuat kalender rutin tiga bulanan, yakni dengan membuat festival, seperti festival musik, dan festival kesenian daerah.

“Setelah lebaran, nanti kita buat festival seperti festival musik, kita undang artis-artis lokal untuk tampil di Pandan Kuning. Ada juga festival kesenian, seperti ebeg, cepetan dan lain-lain,” terangnya.

Diketahui khusus Pandan Kuning Park menyediakan 11 wahana permainan menarik. Di antaranya ada kuda putar, komedi putar, kolam sepeda air, Bom Bom Car, kolam kecehan atau kolam tumpah, dan kereta ceria. Kemudian tersedia juga cafe, resto, area kantin, panggung perahu dan lainnya.

Khusus untuk wahana kolam renang atau kolam kecehan tidak dipungut biaya tiket. Dengan desain tampilan seperti Ancol Jakarta, Pandan Kuning Park ini diproyeksikan menjadi icon wisata Kebumen yang terintegrasi dengan wisata-wisata lain di Pesisir Selatan Kebumen.

“Dengan berdirinya Pandan Kuning Park ke depan diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir selatan Kebumen. Hal ini didukung dengan upaya Pemkab Kebumen menerapkan konsep KITA (Kebumen Integrated Tourisme Area),” tandas Ulul.(K24/*).


Eksplorasi konten lain dari Kebumen24.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.