Pastikan Angkutan Mudik Layak Operasi, Disperkimhub Kebumen Wajibkan Kendaraan Bus Ram Cek

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com- Untuk memastikan angkutan Mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H, layak pakai atau beroperasi, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Kabupaten Kebumen menggelar Ram Cek pemeriksaan kendaraan khususnya jenis Bus. Termasuk pemeriksaan kesehatan para sopir dan Crew Bus.

Ram Cek digelar bersama Tim Gabungan dari Satlantas Polres Kebumen dan Dinas Kesehatan Kebumen. Kegiatan dilaksanakan di Terminal Bus Tipe A Kebumen, Senin 1 April 2024.

Puji Basuki selaku Kasi Pengembangan Moda Transportasi dan Teknologi Disperkimhub Kebumen menjelaskan Ram cek kendaraan wajib dilakukan sebagai upaya meningkatkan keselamatan transportasi menjelang mudik Lebaran tahun 2024.  Kendaraan yang dilakukan pengecakan ini merupakan angkutan umum Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Dalam kegiatan, Disperkimhub mengecek buku KIR dan fisik kendaraannya. Sedangkan pihak kepolisian mengecek kelengkapan pengemudi. Pengecekan meliputi sistem kemudi, Ban, kondisi lampu, rem dan juga kelengkapan lainnya.

Sedangkan pemeriksaan kesehatan Sopir dan Crew Bus dilakukan untuk memastikan kondisi mereka sehat.

‘’Jadi kegiatan ini untuk memastikan kendaraan angkutan umum layak jalan dan kondisi kesehatan Sopir serta Crew Bus. Harapanya bisa meminimalisir kecelakaan lalu lintas. Terlebih pada saat momen mudik lebaran dan arus balik,’’jelas Puji Basuki.

Selain itu, pengecekan juga dilakukan terhadap alat tanggap darurat. Dimana alat tanggap darurat ini merupakan hal yang penting ketika terjadi hal-hal yang urgent.

‘’ Dari hasil pemeriksaan, secara umum semua normal dan kendaraan layak beroperasi. Rencananya, Ram Cek akan kami digelar hingga H+7 Lebaran,’’imbuhnya.

Pihaknya memgimbau khususnya kepada para sopir agar mengutamakan keselamatan saat mengemudi. Ini dengan cara mengecek perlengkapan maupun kesehatan sebelum mengemudi. Jika lelah disarankan jangan dipaksa namun segera istirahat di Posko posko mudik yang telah tersedia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinkes Kebumen Anjas Dwi Purwanto menjelaskan pemeriksaan kesehatan sopir dan crew meliputi tensi darah, kadar gula darah dan lainya. Dari hasil pemeriksaan puluhan sopir hanya ada satu yang memiliki tekanan darah tinggi hingga 180 dan gula darah 287.

‘’ Dari hasil pemeriksaan ada pengemudi yang tekanan darah dan gulanya cukup tinggi. Kita menyarankan segera periksa di layanan kesehatan terdekat. Tapi secara keseluruhan semua masih aman dan tahap wajar,’’ujarnya. (K24/Alam).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.