Intip Pembuatan Jipang Ketan Jajanan Lawas Khas Kabupaten Kebumen

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Kabupaten Kebumen memiliki berbagai macam makanan khas, yang bisa dijadikan oleh oleh bagi masyarakat yang mudik ke kampung halaman. Salah satunya Jipang ketan, yang bisa menjadi pilihan para pemudik, sebagai buah tangan saat kembali ke kota tujuan.

Seperti Jipang Ketan yang diproduksi Isrowiyah, warga Desa Dorowati Kecamatan Klirong. Dalam pembuatan, Makanan khas Kabupaten Kebumen yang memiliki rasa manis, bertekstur renyah ini terbuat dari beras ketan dan Gula Caramel. Kedua bahan tersebut disatukan, kemudian dipotong potong dan dikemas sebelum akhirnya dipasarkan kepada konsumen.

Isrowiyah mengaku, setiap bulan Ramadan tiba hingga jelang lebaran, pesanan Jipang ketan mulai meningkat, dibanding hari hari biasanya. Dengan dibantu tujuh karyawan pengrajin Jipang Ketan bisa membuat  500 bungkus setiap harinya.

” Melonjak tajam, sehari bisa menghabiskan satu setengah kuintal, sehari bisa 500 bungkus, alhamdulillah habis bahkan sampai kurang, permintaan pasar melonjak tajam sehari bisa 500 bungkus saat ini, ada lima varian rasa,’’jelasnya, Minggu 31 Maret 2024.

Dalam setiap harinya, pembuatam Jipang Ketan bisa menghabiskan 1,5 kuintal beras ketan, dengan  harga Rp 12.500, per bungkusnya.(k24/*).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.