Gus Fachrudin : Keistimewaan Pertengahan Ramadhan, Seluruh Dosa Diampuni

oleh -
Foto : Ketua RMI NU Kebumen Gus Fachrudin Annawawi

KEBUMEN, Kebumen24.com – Tak terasa umat Islam telah memasuki pertengahan Puasa Ramadhan 1445 H. Bulan Ramadhan terbagi menjadi tiga fase yang masing-masing memiliki keutamaan, yaitu sepuluh hari pertama rahmat, sepuluh hari kedua adalah ampunan, dan sepuluh hari ketiga adalah terbebas dari api neraka.

Hal itu disampaikan Ketua RMI NU Kebumen Gus Fachrudin Annawawi, Sabtu 22 Maret 2024. Dimana, sesuai dengan hadis Rasulullah SAW, yakni “Awal bulan Ramadan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka.” (HR. Al-Baihaqi).

Untuk itu, Gus Fachrudin mengajak umat muslim ahar jangan sampai melewatkan hari-hari penuh ampunan yang telah dijanjikan oleh Allah SWT dengan sia-sia. Ini dengan cara memperbanyak melakukan sholat malam, berdoa , tilawah Al-Quran, dan berzikir.

‘’ Setelah bersungguh-sungguh menjalani 10 hari pertama, tiba saatnya semakin giat untuk menjalankan ibadah di 10 hari kedua Ramadhan. Pada waktu-waktu inilah saat yang paling tepat untuk memperbanyak doa serta memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa-dosa yang telah kita lakukan di masa lalu agar diampuni dan dibebaskan dari hukuman. 10 hari kedua Ramadhan ini merupakan kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT untuk mengurangi dosa-dosa yang telah kita perbuat.’’imbuhnya.

Berikut 5 keistimewaan 10 Hari kedua Bulan Ramadhan dilansir berbagai sumber:

  1. Diampuni dosa

Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa fase kedua Ramadhan adalah maghfiroh atau ampunan. Oleh karena itu, Allah mengampuni dosa-dosa hamba-Nya yang telah lalu di sepuluh hari kedua Ramadhan.

“Siapa yang puasa Ramadan dengan iman dan pengharapan, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu,” (HR. Bukhari Muslim)

  1. Wujud istikamah

Mampu menjalankan ibadah pada sepuluh hari kedua Ramadhan merupakan sebuah kenikmatan iman dari Allah SWT. Pasalnya, tidak semua orang mampu melakukannya.

Wujud dari orang yang mempunyai keistiqamahan adalah mereka tetap menjalani ibadah puasa Ramadan secara lengkap dalam sepuluh hari kedua bulan Ramadan.

  1. Pahala dilipatgandakan

Ibadah yang dilakukan oleh setiap muslim yang berpuasa akan dilipatgandakan.

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman (yang artinya) “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku,” (HR. Muslim).

  1. Dibukanya pintu surga

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Jika telah datang bulan Ramadan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai,” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Dikabulkannya doa

Fase kedua atau fase 10 hari kedua Ramadhan inilah Allah membukakan pintu magfirah atau ampunan yang seluas-luasnya.(K24/*).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.