Sambut Bulan Ramadhan, Warga Kebumen Hiasi Jalan Menuju Masjid dengan Ratusan Lampion

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Dalam rangka menyambut datangnya Bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah, warga Desa Kedungpuji Kecamatan Gombon, Kabupaten Kebumen, bergotong royong membersihkan area masjid dan menghias jalan dengan berbagai pernak-pernik Lampion di sepanjang jalan menuju Wasjid Nurul Falaah. Setidaknya ada 600 lampion yang dipasang.

Menariknya, lampion dibuat menggunakan bahan sederhana seperti bekas botol air mineral dan kantong plastik, juga terdapat gapura menuju masjid.

Salah seorang pengurus Takmir Masjid Nurul Falaah, Saefudin mengatakan bukan hanya sekadar hiasan, lampion-lampion ini menjadi simbol kebersamaan dan kehangatan dalam menyambut Ramadhan. Proses pembuatannya sendiri juga menjadi momen yang mempererat tali silaturahmi antar jamaah, mengingatkan bahwa kebersamaan dan gotong royong adalah nilai-nilai yang penting dalam menjalani ibadah di bulan Ramadhan.

“Jumlah lampion yang dipasang swadaya dari jamaah sebanyak 50 buah per RT, sehingga totalnya mencapai 600 buah lampion yang memperindah sepanjang jalan masjid Nurul Falaah sekitar 1 kilometer,” kata Sefudin, Rabu 6 Maret 2024.

Saefudin menyebut, pemasangan lampion dan berbagai hiasan ini sudah rutin dilakukan oleh warga setiap tahunnya. Ini merupakan bentuk nyata dari semangat kebersamaan warga Desa Kedungpuji dalam merayakan datangnya bulan Ramadan. Dalam suasana penuh keceriaan,  diharapkan jamaah masjid dapat menyambut Ramadhan dengan hati yang bersih dan penuh kebahagiaan.

“Program ini tidak terlepas dari partisipasi aktif seluruh jamaah, karena etiap langkah dan usaha yang dilakukan memiliki makna yang mendalam, semua dilakukan dengan niat ikhlas untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT,” ungpaknya.

Dalam menyambut Bulan Ramadhan, beberapa program juga telah disiapkan oleh pihak takmir masjid, diantaranya kerja bakti lingkungan, Gowes bersama, Sholat dan Kuliah Tarawih, Sholat dan Kuliah Subuh, Pasar Sore Ramadhan dan Tadarus Al Quran Setiap Malam Ramadan.

Bukan itu saja, terdapat Gerakan Infaq Ramadhan dan infaq Subuh, Kuliah Bulan Ramadhan, Kajian dan Buka Bersama Remaja Islam Masjid (Risma), Dogeng Islami di panggung Ceriaa, Training Motovasi Remaja, Pengajian dan Peringatan Nuzulul Quran, Iktikaf 10 Hari Terakhir Ramadan, Baksos Sembako Gerakan Nurul Falaah Bersedekah dan Pengajian Umum, Zakat Fitrah, Takbir Keliling dan Kerja bakti Pasca Ramadan.

“Masjid Nurul Falaah Kedungpuji juga menghadirkan berbagai kegiatan lainnya seperti kerja bakti, gowes bersama, sholat dan kuliah tarawih, serta berbagai kegiatan keagamaan dan sosial lainnya. Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkokoh ukhuwah islamiyah serta mempererat ikatan antar jamaah,” jelas Saefudin.

Sementara itu Hesti, salah seorang warga juga mengaku sangat antusias menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, dirinya bersama warga lai selalu terlibat aktif di setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak takmir masjid. Menurtnya program-program yang ada bisa untuk menjalin kerukunan warga khususnya di Desa Kedungpuji.

“Ya kalau di sini setiap tahunya selalu ramai kalau ramadhan, banyak kegiatan yang bisa dikerjain bareng-bareng jadi warganya kompak dan bisa terjalin kerukunan,” ucapnya.(K24/*).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.