Maju di Ajang Mandalika Essay Competition 4, Tim Riset MAN 2 Kebumen Raih Gold Medal dan Favorit Poster

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Tim Riset dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kebumen sukses meraih mendali emas dan favorit poster di ajang Mandalika Essay Competition(MEC) ke-4 yang diselenggarakan oleh komunitas Nusantara Muda di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Adapun tim riset terdiri dari Mochammad Fajar Nugroho, Ulinnuha Satnav Rabbani, Danil Davendra Rifka Kautsar, dan Ni Dea Yekti Utami.

MEC 4 merupakan kompetisi esai tingkat nasional yang diikuti oleh 1100 peserta berasal dari SMA/SMK/MA/Sederajat dan Universitas dari seluruh Indonesia. Ajang bergensi tersebut mengangkat tema “Kreativitas Generasi Muda Dalam Pemanfaatan Teknologi dan Inovasi untuk Indonesia Lebih Maju”, dengan sembilan sub tema, yaitu: Teknologi, Pendidikan, Sosial Ekonomi, Hukum dan Politik, Pariwisata dan Budaya, Pertanian, Pangan, Lingkungan, dan Kesehatan.

Salah satu peserta yang merupakan siswa dari Kelas XI MIPA 1 MAN 2 Kebumen, Ni Dea Yekti Utami, menyampaikan Kompetisi tersebut berlangsung selama tiga hari mulai dari 2 sampai 4 Maret 2024. Perlombaan pertama diawali dengan presentasi esai, kemudian Field Trip selama dua hari dengan tujuan Kota Mataram, Kuta Mandalika, Sirkuit Mandalika, Gili Trawangan, Pusat Oleh-Oleh, Bukit Merese, Islamic Center, dan Tanjung AAN.

‘’ Jadi untuk SMA sendiri yang masuk finalis ada 20 dari setiap bidangnya. Dari seluruh total 180 peserta finalis namun hanya 60 tim yang berangkat karna alasan tertentu,’’jelas Siswi yang akrab disapa Dea itu.

Dea mengatakan, diajang ini, Timnya memilih subtema Lingkungan dengan judul esai “CEBI atau Carambola And Bovine Feces Energy Innovation, Inovasi Energi Alternatif Berbasis Belimbing (Averroa Carambola) dan Feses Sapi Sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Net Zero Emission 2050. Menurutnya, dipilihnya tema ini karna Indonesia saat ini sedang dipermasalahkan dengan pemanasan global yang disebabkan oleh gas rumah kaca.

‘’Esai bertujuan untuk mengurangi emisi dan berkontribusi terhadap target Indonesia mewujudkan Indonesia Net Zerro Emission 2050 yang berfokus terhadap permasalahan pemanasan global.”imbuhnya.

Sedangkan untuk mengikuti MEC 4 ini, tim dari MAN 2 Kebumen mempersiapkan diri kurang lebih 2 sampai 3 bulan. Selama waktu tersebut, seluruh tim berlatih presentasi, melakukan percobaan dan konsultasi dengan guru pembimbing.

Sementara itu, Guru Pembimbing Kartina Dati, S.Pd.Si., M.Sc. yang sekaligus salah satu guru biologi di MAN 2 Kebumen mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih anak didiknya. Ia berharap ini bisa diterus ditingkatkan dan memotivasi siswa lainya.

‘’ Alhamdulilah kami tentu bangga dengan prestasi peserta didik diajang ini. Ini sesuai ekspektasi, karena dari awal mereka sangat semangat untuk latian kemudian dari penulisan esainya juga semangat sekali, pada saat presentasi poster itu juga sangat luar biasa.”ucapnya.(K24/*).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.