Jelang Tahun Baru, Pasar Tumenggungan Kebumen Ramai Pembeli

oleh -
FOTO PASAR TUMENGGUNGAN KEBUMEN

KEBUMEN, Kebumen24.com – Meski sejumlah harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan, namun tidak menurunkan animo masyarakat untuk berbelanja kebutuhan pokok jelang tahun baru. Ramainya pembeli mendatangkan berkah tersendiri bagi para pedagang di pasar tradisional.

Seperti diutarakan para pedagang pasar Tumenggungan Kebumen Jawa Tengah, Jumat 29 Desember 2023. Menurut mereka sejak memasuki libur Natal dan tahun baru, omset dagangan bisa naik drastis, meskipun harga sejumlah bahan kebutuhan pokok mengalami peningkatan.

Salah satu Pedagang Daging Ayam Pasar Tumenggungan, Badriyah menuturkan saat ini daya beli masyarakat naik dua kali lipat dibandingkan hari hari biasa. Padahal harga daging ayam sendiri naik sejak empat hari lalu. Dimana sebelumnya per kilogramnya dijual di harga Rp 30 ribu, saat ini sudah mencapai Rp 32 ribu per kilogramnya.

” Harga ayam Jelang tahun baru ada kenaikan Rp 2000,- dari semula Rp 30 ribu, sekarang Rp 32 ribu, per kilogramnya, sudah empat hari sekarang mengalami kenaikan, ya kalo pembeli ada kenaikan, biasanya saya motongnya 10 ekor, bisa tambah jadi 20 ekor” jelasnya.

Hal serupa juga disampaikan Pedagang Kebutuhan Pokok, Tria Ismawati. Untuk kebutuhan pokok lainnnya seperti bawang putih dan bawang merah juga mengalami kenaikan, dari yang semula Rp 40 ribu saat ini mencapai Rp 45 ribu per kilogramnya. Sedangkan untuk harga cabai merah besar juga mengalami peningkatan, yakni di harga Rp 70 ribu per kilogramnya. Berbeda halnya cabai rawit,  harga masih tetap yakni Rp 75 ribu per kilogramnya.

” Untuk harga bawang merah yang tadinya Rp 40 ribu sekarang eceran Rp 45 ribu per kilogramnya, tapi yang besar untuk yang kecil ya Rp 35, terus bawang kathing juga naik jadi Rp 45 ribu per kilogramnya, kalo rawit masih naik turun naik turun, besok pagi kadang naik, besok pagi kadang turun, sekarang per kilogramnya Rp 75 ribu, untuk cabai merah besar juga lagi mahal Rp 70 ribu, untuk bawang putih kathing mahal Rp 45 ribu, kalo yang biasa paling ya sekitar Rp 35 ribuan per kilogramnya, untuk jumlah pembeli ini menjelang tahun baru, mungkin ya karena liburan juga terus ya, banyak orang hajatan ya alhamdulillah, untuk pembeli meningkat sih,’’jelasnya.(K24/*).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.