Organisasi Kesehatan Kebumen Salurkan Air Bersih 110 Tangki

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Mengawali Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke- 59 yang jatuh setiap tanggal 12 November, jajaran instansi kesehatan baik negeri maupun swasta di Kabupaten Kebumen melakukan droping air bersih sebanyak 110 liter. Ini dibagikan untuk masyarakat yang membutuhkan pada musim kemarau.

Pelepasan droping air bersih dilaksanakan di depan Pendopo Kabumian oleh Penjabat Sekda Kebumen Aden Andri Susilo mewakili Bupati Kebumen Arif Sugiyanto usai pelaksanaan upacara Hari Sumpah. Pemuda, pada Sabtu 28 Oktober 2023.

Pada kesempatan tersebut turut dihadiri Dandim 0709/Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana, Kadinas Kesehatan dr. Iwan Danardono, Direktur RSUD Soedirman, dr. Arif Komedi, Kepala BPBD  Haryono Wahyudi, serta jajaran terkait.

  1. Arif Komedi yang juga sebagai Ketua Panitia HKN ke- 59 menyampaikan, bantuan air bersih merupakan salah satu rangkaian dari peringatan HKN tahun ini yang didukung oleh organisasi profesi kesehatan lintas instansi di Kabupaten Kebumen.

“Pada peringatan HKN ini kita mengawalinya dengan pemberian bantuan air bersih sebanyak 110 tangki untuk disalurkan ke 50 desa terdampak yang tersebar di 14 kecamatan,” ujar dr Arif.

Droping air bersih ini, kata Arif, sebagai bentuk kolaborasi bersama antara instansi kesehatan dengan Pemda dan berbagai stakeholder dalam mengatasi kekeringan. Menurutnya, bantuan air bersih dari himpunan organisasi profesi kesehatan akan berlanjut sampai akhir November 2023.

Selain droping air bersih, pada HKN tahun ini, pihaknya juga melaksanakan kegiatan bakti sosial lain seperti khitanan massal, pengobatan gratis, pembagian sembako, lomba tenis meja, badminton, voli khusus, dan puncaknya jalan sehat pada 12 November 2023 start di sekitar Alun-alun Kebumen.

Sementara itu, Kadinkes dr Iwan menyampaikan, pada HKN tahun ini, ia bersyukur karena tingkat kesehatan masyarakat di Kabupaten Kebumen menuju ke arah yang lebih baik. Misalnya, angka stunting menurun per Agustus 2023 menjadi 11,9% dari tahun sebelumnya 12,6%. Kebumen juga berhasil meraih predikat UHC dan lain sebagainya.

“Kemudian angka kematian ibu hamil juga sudah di bawah target, demikian juga angka kematian bayi juga sudah di bawah target yang ditentukan Pemerintah Pusat. Ini tentunya tercapai berkat kerja keras bersama,” ucapnya.

Adapun untuk pelayanan kesehatan, dr Iwan menyampaikan, sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat, pihaknya akan meningkatkan pelayanan kesehatan untuk penyakit kanker, jantung, stroke, dan kelainan ginjal di RSUD. “Bentuknya bisa pelatihan untuk peningkatan SDM, dari petugas kesehatan, kemudian penambahan alat kateterisasi jantung, serta membuka layanan kanker di RSDS,” tukasnya.(K24/*).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.