Aksi Sosial, Djarum Foundation Beri Layanan Medis Gratis untuk Warga dan Santi Ponpes Alhasani

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat, Djarum Foundation menggelar sejumlah aksi sosial, salah satunya memberikan layanan medis gratis. Aksi ini merupakan program rutin Djarum Sumbangsih Sosial, bakti pada negeri.

Layanan pemeriksaan kesehatan gratis kali ini diberikan kepada sekitar 500 warga dan santri di Pondok Pesantren Alhasani Desa Jatimulyo Kecamatan Alian Kebumen, Sabtu 21 Oktober 2023. Kegiatan juga dilakukan pemberian paket sembako kepada para santri.

Hadir dalam kesempatan itu, Manajer PT Djarum Cabang Kebumen Haidar, Founder YBSI Kolonel Laut Dr. dr. Hisnindarsyah Sp.KL SE M Kes MH CFEM didampingi Ketua YBSI Virly Mavitasari, Pengasuh Ponpes Alhasani Gus Lukman Alhasani, Pengurus RMI NU Kebumen Gus Lutfi, Jajaran Forkopimcam Alian, serta pemerintah Desa setempat.

Haidar melalui Antonius selaku Marketing Djarum menyampaikan, acara ini sekaligus dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional tahun 2023. Ini digelar atas kerjasama dengan Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku (YBSI), Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) NU Kebumen dan Pondok Pesantren Alhasani.

Adapun program pelayanan medis masyarakat ini dilakukan sebagai upaya Djarum dalam meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya di sekitar pesantren. Termasuk mendukung program pemerintah.

”Program Djarum Sumbangsih Sosial ini sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar pondok pesantren, para santri, pengurus, dan pengasuh pondok pesantren. Ini juga bagian dari upaya kami dalam mendukung program pemerintah dibidang kesehatan, dan kebetulan kesemapatan kali bertepatan dengan momen hari santri, Semoga bermamfaat,”jelasnya.

Founder YBSI Kolonel Laut Dr. dr. Hisnindarsyah mengatakan Pelayanan Medis Masyrakat merupakan kegiatan rutin program Djarum Sumbangsih Sosial yang ke 9 di Ponpes, khususnya di Jawa Tengah. Dalam kegiatan ini dihadirkan sekitar 30 tenaga medis profesional dan pemberian obat serta vitamin gratis untuk anak.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mendukkasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan, utamanya pasca pandemi covid 19.  Termasuk mendukung program pemerintah, utamnaya stunting.

Sedangkan untuk pemeriksaan diberikan ini meliputi, kesehatan umum dan gigi, spesialis penyakit dalam atau internis serta THT dan bahkan juga Visiting jika diperlukan. Ini dilakukan dengan cara mengunjungi pasien dengan maksimal 15 orang pasien.

“Program pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat ini, secara rutin dilaksanakan oleh Djarum Foundation di berbagai pesantren di Jawa Tengah. Dan ini merupakan yang ke 9 kalinya. Alasan di ponpes karna merupakan center poin ketokohan, jadi masyarakat biasanya senang bertemu tokoh di pondok, makanya kita pusatkan disini,’’ujarnya.

Dikatakan, untuk temuan penyakit biasanya yakni hipertensi, asam urat, kolestrol, telinga kotor, dan terkadang pula usus buntu. Ini dikarnakan masyarakat kerap menganggap usus buntu itu hanya lambung biasa.

‘’ Kalo hasil pemeriksaan biasanya bermacam macam penyakit, kadang ada pula usus buntu karna sering masyarakat itu mengganggap lambung biasa, namun setelah diperiksa ternyata usus buntu. Kalo santri ya biasanya penyakit kulit, ya wajar mungkin kebersihanya kurang terjaga,’’katanya.

Lebih jauh ia berpesan kepada para santri agar lebih disiplin menjaga kebersihan lingkungan. Begitu juga pola makan teratur. Begitu juga kepada masyarakat.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Alhasani Gus Lukman Alhasani memyambuat baik dan berterimakasih atas digelarnya kegiatan ini. Menurutnya INI sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan, khususnya para santri.

”Terima kasih untuk perhatian yang diberikan Djarum, kegiatan baksos kesehatan ini sangat bermamfaat membantu masyarakat dan santri khususnya yang kurang mampu karena pelayanan kesehatan diberika secara gratis tanpa biaya,”ucap Gus Lukman.(K24/*).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.